Kamis, 29 Desember 2016

Head to Head Emak Naga: Terada Ranze (Nogizaka46) Vs. Ifa Avianty (Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing)


Ahem... post pertama di blog baru (eaak..)
tulisan ini gua pindah dari catatan fesbuk gua beberapa bulan lalu. lumayan buat nge-test.

Terada Ranze dalam MV Buranko


Mom of the dragon. Begitu temanku menyematkan julukan pada Ranze (Terada Ranze), center untuk laguunit Under Member Buranko ( ブランコ ). Buranko sendiri adalah coupling song single terbaru Nogizaka46, grup idola Jepang favoritku.


Music video untuk lagi ini sebenernya absurd. Ga nyambung sama lirik lagunya. Judulnya Buranko atau bahasa Indonesianya ayunan. Tapi ga ada satu pun adegan member lagi maen ayunan. Yang ada keenambelas cewek unyu yang ngebawain unit song ini malah pada lari-lari ngejar seekor naga yang itu pun cuma kelihatan ekor sama bayangannya. LOL.



Ya … can’t help it lah, wong kebanyakan MV idol group emang gitu. Sering ga nyambung.
***
Ifa Avianty dan Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing


Ngomong-ngomong soal Mama Dragon aku juga jadi keinget sama salah satu penulis dalam negeri yang cukup kusuka. Ifa Afianty namanya. Sebenernya aku ga ngikuti banget sih, cuman casually ngecek.
Dan yang bikin aku heran, pas mampir ke akun FB Teh Ifa, banyak juga yang manggil dia Mama dragon. Nah, gegara karakter si Terada Ranze di Buranko, gua jadi penasaran sama sebab musabab Tante Ifa dijuluki begitu. Habis aku lagi demen sama si kece Ranze yg juga baru dinobatin sebagai emak naga. Otomatis naluri kepoku terusik dong. Ada semacam perasaan, hoh-sumveh-lo!
Dan… setelah scroll down ala kadarnya di akun FB Tante Ifa, gua nemu hal menarik (bagi gua aja mungkin). Penulis yang lumayan gua suka ini baru aja rilis buku baru. Judulnya “Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing”. Judul yang belum jelas kudu kayak gimana gua bereaksi. Kalo gua nemu buku ini tanpa tahu siapa yang nulis aku bakal face palm. Novel ga mutu ala FTV S*TV pasti. Tapi karna Tante Ifa yang nulis, aku batal naik pitam. Soalnya udah jaminan sih, terjamin menghibur, jaminan konten berkualitas, jadi aku putusin beli –dan agak terlupa sama kekepoan soal Emak Naga.
Jadilah aku beli tuh novel. Pesen langsung ke penerbit katanya dapet diskon, tapi setelah dipikir-pikir berat di ongkos kirim, jadi ya udah aku cari di gramed. Ini nih wujud novelnya.
Ga tebel, jadi buat aku yang suka baca tapi ga banget-banget, ya … ga bakal kehabisan napas bacanya. Ga perlu pake acara melulu hiatus macem manga HunterXHunter. Wkwkwk ….

Gua suka sama model covernya. Ga ribet, tapi gravitate. Punya daya tarik yang langsung nancep ke hati (halah ngemeng opo aku iki?). Terus desain isinya juga dihiasi gambar-gambar yg lumayan bikin mata betah. Sekali lagi buat yang suka baca tapi bukan bookworm, visual buku ini terbilang ramah. Ada gambar bawang, mangkuk yang menguarkan uap panas, cabe, dll yang semuanya nyambung sama judul dan isinya.



Dari segi isi, ceritanya Tante Ifa banget. Komikal, dalem, sekaligus unyu. Meski endingnya bukan tipikal ending yang populer. Yakin dah, kalo yang baca mereka yang suka drama romantik ala Korea, ending kayak gini bikin gregetan. Dijamin ga puas.
Tapi reaksinya akan berbeda kalo pembaca familiar dengan anime movie keluaran Studio Ghibli, semacam Princess Mononoke, The Wind Rises, atau Karigurashi no Ariety. Pembaca bakal baik-baik saja dengan ending yang terbilang ngegantung gini. Soalnya pembaca udah aware kalo apa yang disajikan hanya sepenggal kisah dari kehidupan si tokoh. Selebihnya itu urusan imajinasi masing-masing penonton dong.


Sumveh, aku ga bisa menangkal kebiasaan ngakak, pas aku baca komen di salah satu situs nonton online. Ada orang yang nyumpah-nyumpahi Ghibli gegara ending-nya Karigurashi no Ariety. Mereka ga terima sama akhir cerita yang nggak ngejelasin apakah tokoh utama cowoknya berhasil sembuh dari penyakitnya atau nggak (padahal jelas-jelas POV filmnya diambil dari tokoh utama cowok yang lagi nyeritain masa lalunya. Elah ada juga penonton yang masih protes gara-gara hal yang sebenernya udah jelas. LOL.).
Dan kebetulan aku juga sempet baca (entah di Fesbuk atau Twitter, aku lupa tepatnya. My bad hihi), ada yang komen kurang lebih sama soal akhir cerita Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing, meski dengan bahasa yang lebih proper dan pola kasus yang ga sepenuhnya sama.
Aku sih menikmati novel ini. Ringan, ringkas, tapi ga dangkal. Aku rekomendasikan sebagai media pelepas lelah yang tetep ngasih input positif. Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing nge-jam banget lah....
Balik Lagi ke Perkara Emak Naga

Setelah selesai ngebaca Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing, aku mulai ngeh kenapa Tante Ifa dipangggil Moms of Dragons. Tante Ifa masukin game permainan Naga sebagai salah satu sarana cerita. Game Naga adalah salah satu hal yang menghubungkan ketiga tokoh utama.
Dan ternyata oh ternyata makin terang urusan setelah saku baca artikel pendek yang ngejelasin proses kreatif novel Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing. Bahwasanya, tante Ifa punya pengalaman soal permaianan Naga ini, sebab beliau mengaku pernah sering main.
Hm. Nah, buat Ranze. Buranko adalah satu titik penting dalam perjalanannya sebagai member Nogi. Unit song Buranko memang bukan lagu pertama yang di-center-i-nya. Tapi boleh dibilang perannya sebagai Emak Naga adalah titik dimana dia tinggal selangkah menuju status time elit senbatsu.
Harapku, buat Tante Ifa, semoga Cinta dalam Semangkuk Sop Kaki Kambing segera dibikinin adik. Aku nanti karya selanjutnya.

Terus buat Ranze, tinggal selangkah lagi. Yakin deh di single depan kamu dapat kursi senbatsu. Bersabar ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar